Senin, 14 Februari 2011

Suzuki Shogun Axelo 2011

Suzuki Axelo 2011 5 460x345 Test Ride: Suzuki Shogun  Axelo 2011
 Kehadiran Suzuki Shogun Axelo 2011 yang dilempar ke pasaran mulai Januari ini oleh PT Suzuki Indomobil Sales  (SIS) untuk mengusik Honda Supra X 125 dan Yamaha Jupiter Z.

Selepas diperkenalkan di Sirkuit Park Kenjeran di kota Surabaya, Jawa Timur), para jurnalis diberi kesempatan langsung menjajal performa dan tampilan barunya.
Desain Axelo mengusung konsep racing sportif dipadu performa yang lebih agresif dari pendahulunya. Dapurpacu.com berkesempatan mencicipi Axelo dengan rem cakram depan-belakang berbanderol Rp 14,7 juta.
Model lampu depannya terkesan sederhana namun lebih tajam. Lampu depan ini, oleh SIS, telah mengusung teknologi automatic headlight on atau lampu ini akan terus menyala meski di siang hari. Fungsinya sebagai safety feature serta menyesuaikan dengan Undang-Undang no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas.
Meter cluster-nya menambah kesan sportif dengan desain mengikuti lekuk setang depan dan tentunya ergonomis karena jelas dan mudah dilihat pengendaranya.
Bodinya dinamis dengaan garis-garis body yang menyatu mulai dari depan hingga buritan. Desain fairing depan membuat lekukan bersudut tajam sehingga sepeda motor semakin terlihat enerjik. Di bagian fairing, kita menemukan lampu sein, yang ditempatkan di bawah lampu depan. Velg alloy berkelir hitam menambah penegasan aura sport-nya.
Lalu bagaimana dengan performanya, SIS mengatakan akselerasi Axelo lebih bertaji dibanding pendahulunya. Meski masing-masing varian menggunakan mesin 4-stroke berkapasitas 125 cc  namun ada penambahan fitur CDI, diklaim mampu mendongkrak akselerasi (Suzuki belum mengeluarkan catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam).
Ketika gear-1 mulai dimainkan agresivitas putaran bawahnya terasa cepat. Memasuki putaran menengah pada gear-3 jarum speedometer menunjuk 90 kpj dengan cepat.
Sirkuit Park Kenjeran yang memiliki banyak tikungan tajam tidak terlalu sulit Axelo dikendalikan pengendaranya. Perpindahan gear-nya  mudah dilakukan dan cukup halus.
Menurut Suzuki, konsumsi bensin Axelo mencapai 46 km/liter. Sayangnya, mesin injeksi Shogun tidak lagi diperkenalkan di Indonesia.
Guna menghentikan lajunya, tipe ini dilengkapi rem cakram di depan dan belakang, sehingga terasa mantap. Posisi duduknya juga cukup nyaman dengan jok yang cukup lebar.
Sepeda motor underbone ini telah memiliki fitur PAIR (Pulsed Secondary Air Injection) yang ditempatkan di dalam knalpot guna mengurangi emisi. Selain itu Axelo dibekali engine balancer guna mereduksi getaran saat mesin beroperasi.
Menariknya, pengguna Axelo dapat membuka bagasi dari fitur start/stop menggunakan kunci pengapian sehingga lebih memudahkan. Kapasitas bagasi dapat menyimpan barang hingga 7 liter.

© 2011, Majalah Otomotif Online by. PROSETAN SPEED. All rights reserved.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More