Rabu, 16 Februari 2011

Oprek Kopling Honda Blade atau Yamaha Vega ZR

Hello speed lovers,,,
Sekarang kita bahas oprek motor Honda Blade, ganti kopling house Blade ataupun absolut Revo dengan milik Karisma.. Dijamin tarikan lebih galak...
Modifikasi ini juga bisa ditiru untuk Yamaha Vega ZR atau new Jupiter Z...
Tulisan ini adalah yangg pernah muncul di kolom oprek tabloid Otoplus edisi minggu ke dua bulan Januari 2010..
Monggo disimak...
Secara teknis dapat dijelaskan bahwa gigitan kopling model diafragma dirasa sangat kurang untuk menyalurkan tenaga dari mesin, tidak segalak kopling model pegas.
Persis seperti yang dimiliki Honda Blade atau absolute Revo maupun new Vega ZR yang sistem koplingnya menggunakan sistem pegas diafragma.
"Jika ingin akselerasi lebih galak, ganti dengan kopling house punya Karisma. Sistemnya berbeda karena Karisma menggunakan pegas 6buah untuk melekatkan kanvas kopling. Tekanan kanvas kopling jadi lebih kuat." Tutur Hermanu dari HKURACING MOTORSPORT surabaya.
Asiknya untuk mengadopsi rumah kopling karisma ke blade tidak mengubah bentuk tutup bak kopling.. Hal ini disebabkan karena secara dimensi sama, baik lebar, diameter maupun tebal kopling house. Sistem ini bisa digunakan untuk balap ataupun harian.
Jadi, hal pertama untuk memasang rumah kopling karisma ke blade adalah melepas keling atau rivet milik blade dan karisma. Bahkan dudukan karetnya pun sama persis. Jadi yang di ambil adalah rumah kopling karisma saja, sedangkan gear sekunder tetap pake bawaan blade.. Kan diameter dan jumlah matanya beda.
Jangan lupa untuk membubut lubang tengah rumah kopling karisma, agar bisa masuk ke gear sekunder blade. Pastikan pengerjaan nya presisi dan bagus..
Jangan lupa pula mengganti laher stud kopling house dengan ukuran baru, sebab laher karisma dan blade berbeda diameter luar dan dalamnya.
Sebagai patokan, laher rumah kopling blade bertipe 6200 sedangkan karisma 6804.
Supaya clutch cam blade atau stud kopling blade yg nempel di bak kopling blade bisa pake standar, maka ganti laher dengan kode 6201, ini diameter luar sama dengan karisma tapi diameter dalam sama dengan blade.
Nah kalo sudah aplikasi kopling house karisma di motor blade atau absolut revo mu, sekalian ganti kanvas std karisma dengan label BRT atau TDR racing. Kombinasikan per kopling racing, atau bisa comot milik Yamaha Jupiter MX... Dijamin maknyuss,,,,
Nah, untuk membeli rumah kopling karisma dibutuhkan biaya sekitar 250rb untuk 2nd part di pasar loak atau kalau mau baru ya siapin 800-900rb komplit.
Walaupun sudah terjadi penggantian rumah kopling, karakter perpindahan transmisi tidak berubah sama sekali.
"Sama halusnya seperti blade atau revo", tutup Hermanu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More