Jumat, 27 Mei 2011

GL SERIES Modification

PERENCANAAN MODIFIKASI

Mesin Honda GL – Series, bahkan kelahirannya sudah dimulai sebelum saya dan crew di Prosetan Speed lahir,  dimulai dari CB series,  hingga tiger yang awet sampai  sekarang gak berubah-berubah. Mesin tipe ini bandel, bisa saling swap antar part untuk merekondisi atau meningkatkan performa. Sudah jamak diketahui kruk as tiger  adalah part penyihir untuk meningkatkan performa yang bisa dipasang di CB, GL Max, GL Pro, Megapro, dan Tiger itu sendiri.  Bahkan terakhir seringkali para tuner mengaplikasikannya ke crankcase suzuki Satria FU 150 untuk mendongkrak torsi FU.

Lantas, berapa harga kruk as tiger ? Tengok di kaskus harga kruk as tiger revo bekas aja sudah berkisar di 1,5 jt… itu baru kruk as aja… lha seandainya kita punya motor GL max, ingin jadi 200 cc bagaimana om ?

-          lihat dulu spec awal GL Max, diameter piston cuma 56.5mm , langkah kruk as , 49,5mm, kalau ditotal cc nya cuma ketemu 125 cc. Seandainya kita swap dengan kruk as tiger, 1,5 JT ditebus, sebelum dipasang kita ukur cc nya di komputer ketemu diameter piston 56,5mm x stroke 62,2mm, ketemu cuma 155,94 cc..  LHA yang 45 cc lagi ikut siapa supaya jadi 200 cc… ??? Berarti kita juga harus menebus piston standard honda tiger, keluar duit lagi. Belum nanti karena langkah memanjang harus beli baut tanam tiger, rantai keteng dan gir timing tiger, belum penyesuaian magnit yang sesuai dengan as kiri tiger, wadew2… bau-bau banyak duit bisa nembus hampir 2x lipat harga kruk as nya buat upgrade ke 200cc “saja”…

Kenapa kok pakai kata “saja” ? Ya karena , diameter klep gl max yang cuma 27/23 tidak mumpuni mensuplai isi silinder sekarang, wajib diganti, porting belum disesuaikan, noken as wajib menyesuaikan ulang, menata ulang kompresi dengan benar, menata titik nyala ledak pengapian, karburator selayaknya ganti, karena dengan kapasitas 200cc, minimal memakai karburator venturi 28mm atau idealnya memakai 31 milimeter, knalpot juga wajib disesuaikan dong....

Bingung ga bisa modifikasi? Cara pintas, beli head set tiger lengkap isi…walah,,, kalau kaya gitu modifnya, enak bengkelnya tinggal pasang ae. Ga ada serunya. Keluar duit banyak bau-bau nya malahan… hehehe…

Lantas gimana dengan nasib kamu yang kantongnya cekak ??

MURMERCENG

Solusi modifikasi murah – meriah – kencang masih ada di sini , andalkan stroke up : Mengapa stroke up lebih baik dari memasang pin stroker, karena langsung menggeser big end, bukan memasang 3 patahan pin yang dileburkan kembali.  Keuntungan memilik stroke yang panjang adalah, kita bisa mendapatkan kapasitas mesin lebih besar di motor kita , pula, kehandalan torsi yang melimpah utamanya di putaran bawah dan menengah. Stroke yang panjang meningkatkan piston speed, oleh karenanya menjadikan mesin long stroke bukan karakter putaran tinggi, lebih enak dikendarai, gas seperempat aja langsung ngacir gak perlu gas pol. Cocok untuk harian, lantas untuk mengejar top speed bagaimana? Ya gir nya aja di atur ulang , beres toh
Stroke standard GL yang tadinya 49,5mm dalam beberapa hari bisa disulap jadi 62,5 milimeter atau mau lebih hingga 68 milimeter?? WOW! Bisa! Dananya… Lebih hemat hingga 70 % lebih dari beli kruk as tiger .CIAMIK SAM!!!!

Pilihan mengerjakan mesin rapih tapi murah adalah prinsip, mengandalkan blok cylinder honda tiger cukup dari merk MPM, melengserkan blok standard GL, sehingga kita tidak perlu menambahkan paking alumunium yang mencolok. Dengan digamit piston Tiger merk NPP justru lebih handal dan murah karena banyak pilihannya hingga oversaiz 300 hahahaha… dana untuk beli block cylinder standard tiger dan piston tiger yang AHM bisa dihemat hampir separuhnya, lha, sisanya bisa buat nyumbang fakir miskin, yatim piatu, masih sisa juga? Boleh lah dibuat pijet… wkwkwkwk . hush..

Mengkonsep diameter piston dan langkah adalah faktor penting untuk menentukan porting dan klep. Diameter klep untuk harian / turing biasanya bisa memaki 50 % dari diameter piston, jika kita pakai piston tiger os, 100 ,misal , diameter 64,5mm maka diameter klep nya bisa memakai 32 milimeter untuk inlet, daripada ribet cari klep 32, mending pake klep honda tiger yang Aspira , sudah ringan – kuat – murah pula.  Jasa rubah head nya, yang pasti lebih murah daripada beli head tiger, hampir selisih 50 %.

MENINGKATKAN PERFORMA

Utamanya kompresi, pemilihan bahan bakar adalah pertanyaan pertama, ketika memakai premium, maka kepadatan ruang bakar tidak boleh melebihi ambang 11 : 1. Kompresi semakin padat, riskan detonasi, sehingga membutuhkan nilai oktan bahan-bakar lebih tinggi pula. Jangan memaksakan kompresi tinggi dengan bahan-bakar oktan rendah, disamping itu, kapasitas mesin kita sekarang sudah 200 cc lebih, bukan lagi 125 cc, kita tidak perlu kompresi besar untuk menghasilkan tenaga! Kuncian motor standard dari pabrikan bisa awet adalah : RASIO KOMPRESI RENDAH! Lihatlah rata-rata hanya mematok di angka 9 : 1, maka pilihan 10 : 1 dirasa cukup bijak, bukan?!

Untuk diamter piston 64,5mm dan stroke 62,5mm, kita ingin puncak tenaga tidak begitu tinggi di 9,000 RPM saja, lantas di limit di 11,000 RPM, supaya mesin tetap efisien dipakai harian. Maka dimasukkan ke rumus porting velocity yang ada di buku modul porting , ketemu besaran angka 28,5 milimeter. Kemudian di kiri kanan bushing klep memakai perbandingan 110 % dari diameter klep in. Untuk porting buang di haluskan dan dipolished untuk memperlancar gas keluar.

Suplay bahan bakar diatur dari karburator keihin PE 28 milimeter, buatan thailand itu lebih murah ketimbang kita harus beli PWK 28 milimeter, wong ya sama-sama venturi 28 milimeter kok harganya beda jauh, padahal performa ya cuma selisih 11 -12. Hedew… Kalau kalian benar-benar lagi sengsara, bisa memakai karbu milik ninja dari merk Lippo saja, sudah lumayan lah untuk harian enak … Pokok larinya ga malu-maluin lawan tiger atau scorpio .

Noken as, ini kuncian penting nya, di modul noken as menjelaskan , range lift valve untuk motor harian di kisaran 23 % dari diameter klep in, jika klep in berukuran 31,5mm, maka valve lift yang diperbolehkan adalah dikisaran 7.2 milimeter. Dibagi dengan rasio rocker arm, ketemu di noken as lift sekitar 6,5 milimeter. Maka alangkah bijak jika lift noken as cukup dipapas 0,7 milimeter, ga sampai 1 milimeter. Apa fungsinya lift ditinggikan ? Supaya suplay bahan bakar saat putaran atas lebih bagus dalam menghasilkan tenaga. Lantas kenapa tidak sekalian dipapas 2 milimeter? Ingat konsep dan tujuannya untuk harian, dengan lift yang tidak terlalu tinggi kita tidak menyiksa pir klep , rocker arm, bushing klep, seating klep dan payung klep itu sendiri. Karena lift semakin tinggi klep akan semakin terhempas dan terbanting lebih keras!! Kalau buat balap ? Wajib hukumnya aplikasi lift tinggi, namun dengan catatan kesemua rangkaian penghubung noken as hingga menuju klep harus di perkokoh. Masuk akal bukan?!

CDI bisa banyak pilihan, apapun itu, intinya cuma 1 , jangan terpancing dengan kata-kata yang beraroma “RACING” untuk motor harianmu, karena motormu memang bukan motor balap!!! Dan kamu tidak akan butuh tenaga layaknya motor balap yang begitu besar hingga tidak bisa kamu kendalikan, POWER WITHOUT CONTROL MEANS NOTHING! Cdi Honda Grand, untuk tipe pengapian AC bisa diandalkan, atau cdi suzuki shogun 110, untuk pengapian DC sungguh istimewa. Koil bisa mengaplikasikan milik Yamaha Scorpio. Tidak perlu pakai koil YZ.

Knalpot beli yang imitasi aja 150rb an saja, lantas bawa ke tukang las knalpot yang sudah handal dan terpercaya untuk sedikit membobok knalpotnya , sehingga suara tetap halus, namun gas buang mampu terlepas sempurna!!

Modifan begini hasilnya gimana sih, dengan dana minim… mau berharap kaya apa? jangan salah, mungkin kita bisa melibas scorpio korekan sekalipun, hahaha… asalkan scorpio nya agak salah korek kali ya :p

Intinya kita bisa enjoy dengan mesin kita, dan hasil modifan itu sendiri nantinya tidak akan menyusahkan kita…

14 komentar:

Unknown mengatakan...

cakep tak cobane brow

Unknown mengatakan...

Lengkap jelas dan bermanfaat mas . Lanjutkan ....

Unknown mengatakan...

Mirip artikel R.A.T sidoarjo

Unknown mengatakan...

Boleh mnta linknya ?

Unknown mengatakan...

Manis mass.. kucoba di CB 125 glatik

Unknown mengatakan...

Manis mass.. kucoba di CB 125 glatik

Unknown mengatakan...

Mas ada yg saya kurang paham. Kalau gl anti klep tiger otomatis kan lebih besar. Dan pasti tabrakan tuh sesama klep nah gmn ngakalinnya yak. Trus klo noken as lift di tingiin otomatis masuk klep lebih dalem nah kan pasti tabrakan sama seher tuh. Gmn tuh ngakalinnya. Klo bisa jgn sampai nyoak seher. Gmn tuh

Unknown mengatakan...

Rantai keteng ny pakai apa mas lw mesin cb 100 upgrade megapro

Unknown mengatakan...

Mas kontak wa dong mau konsultasi tentang perGL'an

Unknown mengatakan...

salam kenal bro. mas kalo ada kasus gini, motorku bodi cb, mesin kalter kanan megapro dengan ratio bawaan kalter kanan tiger set bandul, seher block kop tiger, yang ingin saya tanyakan untuk perbandingan rantai gearnya berapa yang tepat, hingga enak bawah, dapat atas juga dapat, sekarang perbandingan gearnya: depan 16 belakang 32, hasilnya kurang enak, dulu 14/32 juga kurang enak. kalo depan masih pakai 16 belakang harusnya berapa mas, terimaksih atas bantuan saranya sya tunggu

Farhan mengatakan...

Mas nyuwun saran, punyaku langkah 68 ben supaya rapi dan halus suara blok kopnya pake daleman apa ya mas?

Unknown mengatakan...

Bermanfaat, lanjutkan lur 😁

Unknown mengatakan...

Mesen cb series upgread blok mp kepras dm piston 68 klep sudutan camrry noken as tiger astruk newteck stang tiger langkah strock 12,5 draf 21 per kopling tiger tranmisi standat series karbu lippo rimer 30 kelistrikan shogun kebo .tembus berapa cc bosku?

bowol mengatakan...

pulser dan spul gimana om?

Posting Komentar