Posted by Seagate Nugroho on 08.30
Warna kabel motor beda. Susah dimengerti orang awam. Apakah artinya? Padahal oleh pabrikanan dibuat sederhana biar semua orang ngerti.
Dasarnya bermacam-macam kabel itu hanya bermuatan positif (+) atau negatif (-) saja. Tidak ada kabel yang bermuatan banci macam manusia. Jadi memang mudah untuk dimengerti.
Posted by Seagate Nugroho on 08.25
Honda CB100 tua yang aslinya hanya 2 klep dibikin jadi 4 klep. Menggunakan sistem DOHC (Double Overhead Camshaft) yang didukung dua kem.
Hebatnya lagi kapasitas mesin melonjak tinggi. Asalnya cuma 97 cc kini jadi 225,7 cc. Kalau dibulatkan jadi 226 cc dong. Hebat! Ini katanya hasil kerja sama dengan Suroyo, pebengkel di Jl. Ibu Sangki, No. 64, Cibeber, Cimahi, Jawa Barat.
Apa saja teknologinya, mari lihat.
Posted by Seagate Nugroho on 08.16
1.Yamaha Mio 245 cc.
Berpacu di kelas FFA atawa Free For All, membebaskan kapasitas silinder dibore up abis. Tapi, Yamaha Mio pacuan Bram Prasetya cukup bermain di angka 245 cc. Namun hasilnya raih podium pertama di seri 1 Pertamax Plus BRT Indotyre Race & Party 2009 di Sirkuit Sentul Kecil, beberapa waktu lalu.
Posted by Seagate Nugroho on 07.05
Efisiensi mesin diukur dari seberapa efisien mesin mampu menahan panas, seberapa kemampuan mesin menghisap volume campuran udara-bahan bakar, seberapa efisien mesin mampu menggerakkan semua komponen dengan gesekan minimum, dan banyak nilai-nilai efisiensi kerja lainnya untuk peningkatan performa.
Posted by Seagate Nugroho on 06.59
Pertama jumpa Hendry Martin, ST, sempat timbul penasaran. Dengan penuh semangat, Martin bercerita kalau Bajaj Pulsar 200 DTSi miliknya hanya diisi 5 liter bensin tiap bulan. Padahal setiap hari jadi kendaraan operasional dari rumah ke kantor yang memakan jarak 26 km. “Belum lagi dibawa keliling rumah, tahu deh konsumsi bensin berapa,” katanya saat itu. Dapat info seperti ini pastinya membuat kami tertantang melakukan pembuktian. Akhirnya dilakukan dua kali uji coba.
|
Posted by Seagate Nugroho on 06.44
Siapkan V - Force...
Dan kamu akan mulai berada dijalur yang benar dalam kompetisi!!
Posted by Seagate Nugroho on 07.16
Louise “Kadal” Marcell joki drag en balap liar kawak from Surabaya ini muncul lagi. Lama tak berlaga, kabarnya sekarang fokus utak-atik skutik. Kini ia balik mesra dengan Samsul Akhmadi tuner yang sempat membesarkan nama Surabaya sejak tahun 2000, di dunia dragbike skala nasional.
Posted by Seagate Nugroho on 06.56
Inovasi dan konsistensi riset menjadi kunci mutlak dalam meningkatkan Horse Power (HP) pacuan dragbike. Tidak bisa ditawar lagi jika tidak mau tertinggal dari kompetitor. Seperti juga yang dilakukan tuner Danang Wahyudi, biasa disapa Danang Cakra pada Tiger yang bertarung di Sport 4 Tak Tune Up s/d 200 cc berbendera tim Omah Joglo (OJ) Alifka dan dibesut dragster berpengalaman kenyang prestasi Eko Chodox.
Posted by Seagate Nugroho on 06.44
Next Rascals Generation, itu nama baru penerus tim Green Boys, Banyuwangi yang dikomando oleh Alex PLN. Dia ini penguasa zona wilayah timur Jatim, untuk urusan arena karapan liar sekaligus drag resmi. Di tahun 2010, Alex mulai bangun lagi dari tidur panjangnya di arena karapan. Gacoan terbarunya dipilih dari Ninja lansiran 08.
Posted by Seagate Nugroho on 04.20
Hello speed lovers,,,
Sekarang kita bahas oprek motor Honda Blade, ganti kopling house Blade ataupun absolut Revo dengan milik Karisma.. Dijamin tarikan lebih galak...
Modifikasi ini juga bisa ditiru untuk Yamaha Vega ZR atau new Jupiter Z...
Tulisan ini adalah yangg pernah muncul di kolom oprek tabloid Otoplus edisi minggu ke dua bulan Januari 2010..
Monggo disimak...
Posted by Seagate Nugroho on 04.11
Meningkatkan performa motor honda adalah hal paling mengasyikkan, dirubah sedikit saja, tenaga motor dapat terdongkrak secara menakjubkan. Paling mudah dan murah untuk dilakoni adalah meningkatkan kapasitas silindernya. Pada motor Honda Legenda, bila liner masih ingin memanfaatkan bawaan pabrik, maka pilihan penggantian piston dapat diadopsi dari pabrikan Yamaha varian Jupiter-z dengan oversize 50. Kenapa memakai piston ini ?
Posted by Seagate Nugroho on 04.01
Volume silinder ato cylinder capacity adalah volume ruang dari ruang bakar mesin yang dihitung saat piston berada di TMB (titik mati bawah) sampai posisi TMA (titik mati atas). Jadi yang dihitung adalah volume pergerakkan piston dari TMB ke TMA, atau sebaliknya. Sedangkan volume ruang di atas piston saat di posisi TMA disebut volume ruang bakar atau combustion chamber. Volume ini bukan termasuk volume silinder.
Posted by Seagate Nugroho on 08.42
Bermacam Tipe Busi :
- Busi Standart
Busi standar dipakai pada mesin bensin, kendaraan roda-4 (mobil), maupun kendaraan roda-2 (motor) untuk pemakaian sehari—hari.
- Busi Resistor
Sistem Kelistrikan pada kendaraan dengan teknologi digital atau elektronik (EFI) dengan arus kecil dengan terganggu dengan pemakaian busi standard, Gangguan tersebut juga bisa dirasakan pada televisi dan radio akibat interfrensi gelombang
Posted by Seagate Nugroho on 08.38
Pada dasarnya pihak pabrikan(ATPM),memproduksi massal sepeda motor dengan beracuan untuk keselamatan yang lebih diutamakan.Guna mencegah terjadinya kecelakaan yg fatal,contoh dengan pembatasan tenaga yg dipatok pada kitiran mesin (RPM) tertentu guna meredam laju motor.Agar tidak over,diaplikasikan CDI yg berlimiter (membatasi RPM lewat suplai arus listrik).
Posted by Seagate Nugroho on 03.28
Kehadiran Suzuki Shogun Axelo 2011 yang dilempar ke pasaran mulai Januari ini oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk mengusik Honda Supra X 125 dan Yamaha Jupiter Z.
Posted by Seagate Nugroho on 03.12
Generasi kedua Yamaha Jupiter MX, diuji berbagai media di sirkuit Sentul, Bogor. Seperti pendahulunya, teradapat dua varian Jupiter MX Hand Clutch (kopling) dan Auto Clutch (non-kopling).
Posted by Seagate Nugroho on 02.53
Tak sedikit surat masuk ke redaksi OP yang menanyakan soal korek yamaha vixion. Mengingat teknologi yang disandang Yamaha Vixion adalah injeksi.
Ketakutan untuk menambah performa mesin injeksi ini masih menghantui mekanik lantaran belum familiar dengan komponen injeksi seperti sensor, throttle body, ECU, sampai injektor. “Biasanya mekanik takut terjadi kesalahan karena merusak sistem,” papar Hermanu, mekanik dari HKU Racing Motorsport, surabaya ini.
Posted by Seagate Nugroho on 00.17
Bukan suatu yang aneh jika tunggangan balap liar sarat dengan trik. Cara smart mencari celah kelemahan motor lawan. Apalagi regulasi motor balap liar itu buram alias nggak jelas seperi balap resmi. Semua motor bisa gas pol.., rem pol…
Posted by Seagate Nugroho on 00.06
Buat korek motor Mio Balap Harian
korek motor step 1>>
ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi bertambah).estimasi biaya :
Posted by Seagate Nugroho on 23.24
Banyak yang bilang di dunia persilatan balap liar yang keras, kapasitas mesin mesti jadi gambot alias ekstra gemuk. ini membuat peningkatan power yang bikin mesin lari liar,power pengen teriak terus seiring gas di tarik.
tapi kalau mau di pakai buat harian ini salah satu trik modifikasi mesin Satria FU 150 yang bisa ok buat balap,mejeng ma stylis jg dapat.
Posted by Seagate Nugroho on 23.06
Salah satu parameter yang paling sering di monitor pada sebuah mesin adalah RPM (Rotation Per Minute), yaitu jumlah putaran yang terjadi dalam satu menit, misal pada elektro motor, pompa, mixer dll. Ada bermacam cara untuk mengukur kecepatan putar suatu system secara continue, misalnya dengan magnetic pick-up atau tachogenerator dan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan proximity switch dan pulsa meter (kurang dari 600rb).
Posted by Seagate Nugroho on 23.04
Berikut ini akan saya bagi dua:
1. Untuk mesin korek harian
2. Untuk korek balap
Namun, mohon ma’af apabila tidak terlalu komplit
Posted by Seagate Nugroho on 22.55
CARA MENAIKKAN KOMPRESI : - Mengganti piston dengan model racing.
- Mendekatkan deck clearance.
- Membubut Head.
- Mengelas Head.
- Membubut Blok dan Piston.
Posted by Seagate Nugroho on 21.51
Baru kali ini Beat berani turun di arena karapan resmi, liar pun oke. Milik dari tim Anugerah Mandiri, Ponorogo yang dimanageri David. Bagi Galuh sang tuner, mengoptimalkan Mio yang lebih dulu hadir di kompetisi karapan, sudah tahu batas limit maksimal nya. Karena itu ia butuh tantangan baru dengan Beat. Di sini ia tertantang, untuk mengoptimalkan setiap part by part skutik Honda itu.
Posted by Seagate Nugroho on 21.09
MENGENAL MESIN C-SERIES
Motor Honda jenis C-Series yang memiliki mesin 100cc seperti Astrea Grand, Legenda, Supra, SupraX, Supra Fit, sampai saat ini keluaran terbarunya Revo, FitS dan FitX. Mesin-mesin motor tersebut pada dasarnya sama, namun pada mesin Astrea Grand, Supra, serta SupraX memiliki panjang stang seher yang lebih pendek, rantai sentrik yang lebih pendek dibandingkan motor C-Series yang lain.
Posted by Seagate Nugroho on 00.20
Apa sih CDI racing harian itu? Dari sisi alam, keduanya berbeda. Satu untuk motor balap, satu lagi untuk motor harian. Tapi, taunya sekarang sudah ada CDI racing yang dibuat untuk motor harian. Akh, masa?
Iya, sudah banyak merek CDI racing harian beredar di pasaran. Tapi, masih banyak yang salah kaprah anggapan tentang CDI racing harian . Ketimbang mumet, starter motor, gas pol ke Cibinong, markas BRT. Ngueeeng.
Ciiit….di Cibinong ketemu Tomy Huang.
Posted by Seagate Nugroho on 10.13
Ya!
Telah berapa tulisan yang mengulas tentang cylinder head. Dan setiap kali ada berita di Majalah maupun tabloid mengapa yang dibahas selalu komponen di Cylinder Head. Kalo ngga Porting, ukuran diameter klep, lift dan durasi noken as, sudah. Mau bahas apalagi :
Posted by Seagate Nugroho on 04.32
Denso Iridium :
Suzuki:
IU24 : Raider 125, Satria FU 150, Thunder 125
IUF22 : Shogun 110, 125, Arashi, Shogun Hyper Injection, Smash, Spin, Skywave 125
Posted by Seagate Nugroho on 00.50
Meski terbilang besutan anyar, tapi sudah banyak bengkel yang menyediakan paket bore-up buat Honda BeAT. Peranti yang mesti ditebus juga tak banyak, tergantung kebutuhan. “Pakai piston lebih gede, jadi menu utama buat dongkrak kapasitas ruang bakar agar makin besar,” ucap Sena Ponda, technical advisor Padepokan Matic di Jl. Muh. Yusuf Raya, Depok, Jabar, yang biasa menangani motor bore-up balap.
Posted by Seagate Nugroho on 00.37
Lazimnya problem yang sering terjadi di motor, saat mesin dalam kondisi lama tidak dipakai atau dingin akan susah distart. Namun yang dialami Astri Panglima pada Yamaha Scorpio Z keluaran 2005 dan Jeff Prasetia dari Bandung, Jabar pada Suzuki Satria FU150 2008-nya justru sebaliknya. “Kalau sudah panas sekitar 1 jam pakai, mesinnya jadi susah dihidupkan, bahkan suka enggak mau nyala lagi,” keluh Astri pada OTOMOTIF via email.
Posted by Seagate Nugroho on 00.35
Setelah sebelumnya melakukan tes optimalisasi bahan bakar dengan berbagai macam produk pengirit bahan bakar yang di rancang oleh Hendry Martin, ST. Kali ini Otonetters, komunitas member di Forum OTOMOTIFNET.COM kembali mengibarkan bendera Otoneters Indepnedent Tester dengan melakukan pengetesan CDI programmable untuk Honda Supra X125.
Sekaligus dipilih 4 merek dalam pengetesan ini yaitu BRT, Rextor, XP202 dan Cheetah Power.
Posted by Seagate Nugroho on 00.32
Motormania tentu sudah tidak asing lagi dengan part yang sering disebut coil booster (CB). Namun akan sedikit asing dengan yang namanya booster accu (BA). Ya, ini merupakan produk anyar yang belum terlalu banyak beredar di pasaran.
Fungsi utama BA yakni untuk menyetabilkan suplai arus listrik ke pengapian dan rangkaian kelistrikan, terutama tunggangan yang berpengapian DC, sehingga suplai pengapian di ruang bakar lewat busi tetap besar dan maksimal.
Posted by Seagate Nugroho on 00.27
Dalam urusan upgrade performa besutan, banyak hal bisa dilakukan. Mulai kilik ruang bakar, ganti CDI racing, pasang knalpot aftermarket sampai mengupgrade part pengabutan.
“Untuk upgrade part pengabutan, biasanya yang dilakukan adalah mengganti karburator standar dengan yang venturinya lebih besar. Contoh bila standar bawaan motor pakai karbu berventuri 24, maka penggantinya bisa pakai yang ukuran 26,” terang Suar, salah satu mekanik tim balap BRT.
Posted by Seagate Nugroho on 00.20
Anda mungkin sudah pernah mendengar, melihat atau membaca tentang gear set Sinnob yang terbuat dari poly urethane. Nah agar tidak penasaran, silakan dibaca artikel di bawah ini.
Seperti biasanya sebagai kelinci percobaan adalah honda cs1. Sekarang sudah 3 minggu ini sinnob nangkring di ban belakang. Dibeli dari seorang brother di forum HCST. Sorry tidak menampilkan nama beliau, takutnya beliau tidak berkenan. Bro ini langsung kirim ke kantor di bilangan tebet. Thanks bro…
Posted by Seagate Nugroho on 00.07
Pertanyaan yang sering muncul bagi pemilik motor adalah “Bagaimana Meningkatkan Performa Motor Kita?” Sebagian ingin mendapatkan tarikan mesin yang yahud dan yang lainnya ingin mendapatkan top speed yang lebih tinggi dari kondisi standar. Atau mau yang lebih kerennya adalah kenaikan power dan torsi berdasarkan hasil dyno test.
Bagi yang lebih berpengalaman mereka mengacu pada standar upgrade performa.
Posted by Seagate Nugroho on 23.56
Ganti karburator standar Honda Fit X dengan bawaan Supra X125, bisa mendongkrak stamina. “Gak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Bila biasanya isi full hanya mampu bertahan 4 hari, sekarang hari ke-5 baru isi bensin lagi,” aku Yudi D, pegawai swasta pembesut Fit X yang tinggal di Depok dan bekerja di kawasan Jl. Radio Dalam, Jaksel.
Posted by Seagate Nugroho on 10.36
PORT POLISHED HISTORY
Fokus porting pada Intake port bukan hanya pada membesarkan, tapi merapihkan bentuk dasar dengan luasan mengikuti 85 % diameter klep in sehingga bahan bakar tetap padat saat masuk ke dalam silinder, dan menggembungkan port di samping bos klep, area mangkok klep, bertujuan menjadikan campuran udara bahan bakar lebih homogen dan air flow tinggi.
Posted by Seagate Nugroho on 10.12
Sudah begitu seringnya kalian membaca dan memahami bagaimana sebuah mesin 4 langkah pada sebuah motor dapat bekerja, kamu tentu mengenal part yang bernama klep / katup, dia yang mengijinkan campuran udara/bahan-bakar merasuk kedalam mesin ataupun tersembur keluar menuju knalpot. Noken as menggunakan tonjolannya (disebut Nok) menekan klep agar terbuka saat noken as berputar — pir klep kemudian berfungsi mengembalikan klep ke posisi menutup.
Posted by Seagate Nugroho on 10.00
Bagaimana cara menyetel karburator untuk menghasilkan tenaga maksimum…?
Posted by Seagate Nugroho on 09.02
Sistem pengapian adalah salah satu hal yang kudu lebih diperhatikan dalam hal engine tuning. Kebanyakan orang mengira ketika mereka selesai memodifikasi, yang diperlukan hanyalah memajukan atau memundurkan timing pengapian. Tidak cukup itu saja. Satu, percikan api harus menyala cukup kuat untuk membakar udara/bahan-bakar.
Posted by Seagate Nugroho on 09.14
Crankshaft n Piston Motion
Posted by Seagate Nugroho on 08.34
Ok, sampailah kita pada pembahasan Dynamic Compression Ratio, alias rasio kompresi dinamis, lebih mudah dipahami sebagai cylinder pressure alias tekanan dalam sebuah silinder. Ini adalah sebuah konsep penting dalam membangun sebuah karakter mesin ber performa tinggi. Sudah siap? Ayo tariiikkk mang..