Selasa, 22 Februari 2011

Arti warna kabel pada tiap pabrikan motor

Warna kabel motor beda. Susah dimengerti orang awam. Apakah artinya? Padahal oleh pabrikanan dibuat sederhana biar semua orang ngerti.
Dasarnya bermacam-macam kabel itu hanya bermuatan positif (+) atau negatif (-) saja. Tidak ada kabel yang bermuatan banci macam manusia. Jadi memang mudah untuk dimengerti.

Bedah Modifikasi Honda CB100 - 4 Klep DOHC 226 CC

Honda CB100 tua yang aslinya hanya 2 klep dibikin jadi 4 klep. Menggunakan sistem DOHC (Double Overhead Camshaft) yang didukung dua kem.
Hebatnya lagi kapasitas mesin melonjak tinggi. Asalnya cuma 97 cc kini jadi 225,7 cc. Kalau dibulatkan jadi 226 cc dong. Hebat! Ini katanya hasil kerja sama dengan Suroyo, pebengkel di Jl. Ibu Sangki, No. 64, Cibeber, Cimahi, Jawa Barat.

Apa saja teknologinya, mari lihat.

Korekan yamaha mio dan suzuki spin

1.Yamaha Mio 245 cc.

Berpacu di kelas FFA atawa Free For All, membebaskan kapasitas silinder dibore up abis. Tapi, Yamaha Mio pacuan Bram Prasetya cukup bermain di angka 245 cc. Namun hasilnya raih podium pertama di seri 1 Pertamax Plus BRT Indotyre Race & Party 2009 di Sirkuit Sentul Kecil, beberapa waktu lalu.

Minggu, 20 Februari 2011

EFEK DARI VALVE LIFT PADA EFISIENSI MESIN

Efisiensi mesin diukur dari seberapa efisien mesin mampu menahan panas, seberapa kemampuan mesin menghisap volume campuran udara-bahan bakar, seberapa efisien mesin mampu menggerakkan semua komponen dengan gesekan minimum, dan banyak nilai-nilai efisiensi kerja lainnya untuk peningkatan performa.

1 Liter = 266 Km

Pertama jumpa Hendry Martin, ST, sempat timbul penasaran. Dengan penuh semangat, Martin bercerita kalau Bajaj Pulsar 200 DTSi miliknya hanya diisi 5 liter bensin tiap bulan. Padahal setiap hari jadi kendaraan operasional dari rumah ke kantor yang memakan jarak 26 km. “Belum lagi dibawa keliling rumah, tahu deh konsumsi bensin berapa,” katanya saat itu. Dapat info seperti ini pastinya membuat kami tertantang melakukan pembuktian. Akhirnya dilakukan dua kali uji coba.

2 STROKE POWER TUNE… BEGINNING

Siapkan V - Force...
Dan kamu akan mulai berada dijalur yang benar dalam kompetisi!!

Jumat, 18 Februari 2011

Yamaha Vega-R 09 Denpasar: NAIK STROKE=AS KRUK VEGA ZR

Louise “Kadal” Marcell joki drag en balap liar kawak from Surabaya ini muncul lagi. Lama tak berlaga, kabarnya sekarang fokus utak-atik skutik. Kini ia balik mesra dengan Samsul Akhmadi tuner yang sempat membesarkan nama Surabaya sejak tahun 2000, di dunia dragbike skala nasional. 

HONDA TIGER JOGJA: KARBU MOGE, BEST-TIME 7,8 DETIK

Inovasi dan konsistensi riset menjadi kunci mutlak dalam meningkatkan Horse Power (HP) pacuan dragbike. Tidak bisa ditawar lagi jika tidak mau tertinggal dari kompetitor. Seperti juga yang dilakukan tuner Danang Wahyudi, biasa disapa Danang Cakra pada Tiger yang bertarung di Sport 4 Tak Tune Up s/d 200 cc berbendera tim Omah Joglo (OJ) Alifka dan dibesut dragster berpengalaman kenyang prestasi Eko Chodox.

Kawasaki Ninja ’08 Banyuwangi: Super Kips Membuka Penuh=7,2 Detik

Next Rascals Generation, itu nama baru penerus tim Green Boys, Banyuwangi yang dikomando oleh Alex PLN. Dia ini penguasa zona wilayah timur Jatim, untuk urusan arena karapan liar sekaligus drag resmi. Di tahun 2010, Alex mulai bangun lagi dari tidur panjangnya di arena karapan. Gacoan terbarunya dipilih dari Ninja lansiran 08.

Rabu, 16 Februari 2011

Oprek Kopling Honda Blade atau Yamaha Vega ZR

Hello speed lovers,,,
Sekarang kita bahas oprek motor Honda Blade, ganti kopling house Blade ataupun absolut Revo dengan milik Karisma.. Dijamin tarikan lebih galak...
Modifikasi ini juga bisa ditiru untuk Yamaha Vega ZR atau new Jupiter Z...
Tulisan ini adalah yangg pernah muncul di kolom oprek tabloid Otoplus edisi minggu ke dua bulan Januari 2010..
Monggo disimak...

BORE UP & STROKE UP HONDA SUPRA FIT / LEGENDA

Meningkatkan performa motor honda adalah hal paling mengasyikkan, dirubah sedikit saja, tenaga motor dapat terdongkrak secara menakjubkan. Paling mudah dan murah untuk dilakoni adalah meningkatkan kapasitas silindernya. Pada motor Honda Legenda, bila liner masih ingin memanfaatkan bawaan pabrik, maka pilihan penggantian piston dapat diadopsi dari pabrikan Yamaha varian Jupiter-z dengan oversize 50. Kenapa memakai piston ini ?

Menghitung Volume Silinder

Volume silinder ato cylinder capacity adalah volume ruang dari ruang bakar mesin yang dihitung saat piston berada di TMB (titik mati bawah) sampai posisi TMA (titik mati atas). Jadi yang dihitung adalah volume pergerakkan piston dari TMB ke TMA, atau sebaliknya. Sedangkan volume ruang di atas piston saat di posisi TMA disebut volume ruang bakar atau combustion chamber. Volume ini bukan termasuk volume silinder.

Senin, 14 Februari 2011

Tipe Busi

Bermacam Tipe Busi :
- Busi Standart
Busi standar dipakai pada mesin bensin, kendaraan roda-4 (mobil), maupun kendaraan roda-2 (motor) untuk pemakaian sehari—hari.
- Busi Resistor
Sistem Kelistrikan pada kendaraan dengan teknologi digital atau elektronik (EFI) dengan arus kecil dengan terganggu dengan pemakaian busi standard, Gangguan tersebut juga bisa dirasakan pada televisi dan radio akibat interfrensi gelombang

KENCANG TANPA PART RACING

Pada dasarnya pihak pabrikan(ATPM),memproduksi massal sepeda motor dengan beracuan untuk keselamatan yang lebih diutamakan.Guna mencegah terjadinya kecelakaan yg fatal,contoh dengan pembatasan tenaga yg dipatok pada kitiran mesin (RPM) tertentu guna meredam laju motor.Agar tidak over,diaplikasikan CDI yg berlimiter (membatasi RPM lewat suplai arus listrik).

Suzuki Shogun Axelo 2011

Suzuki Axelo 2011 5 460x345 Test Ride: Suzuki Shogun  Axelo 2011
 Kehadiran Suzuki Shogun Axelo 2011 yang dilempar ke pasaran mulai Januari ini oleh PT Suzuki Indomobil Sales  (SIS) untuk mengusik Honda Supra X 125 dan Yamaha Jupiter Z.

SPESIFIKASI YAMAHA NEW JUPITER MX 135 5 SPEED


IMG 7676 460x306 Spesifikasi New Yamaha Jupiter MX 2011
Generasi kedua Yamaha Jupiter MX, diuji berbagai media di sirkuit Sentul, Bogor. Seperti pendahulunya, teradapat dua varian Jupiter MX Hand Clutch (kopling) dan Auto Clutch (non-kopling).

Korek Harian Yamaha Vixion

Tak sedikit surat masuk ke redaksi OP yang menanyakan soal korek yamaha vixion. Mengingat teknologi yang disandang Yamaha Vixion adalah injeksi.
Ketakutan untuk menambah performa mesin injeksi ini masih menghantui mekanik lantaran belum familiar dengan komponen injeksi seperti sensor, throttle body, ECU, sampai injektor. “Biasanya mekanik takut terjadi kesalahan karena merusak sistem,” papar Hermanu, mekanik dari HKU Racing Motorsport, surabaya ini.

Rabu, 09 Februari 2011

TRIK DALAM KOREK MESIN BALAP

Bukan suatu yang aneh jika tunggangan balap liar sarat dengan trik. Cara smart mencari celah kelemahan motor lawan. Apalagi regulasi motor balap liar itu buram alias nggak jelas seperi balap resmi. Semua motor bisa gas pol.., rem pol…

Korek Motor Mio Harian

Buat korek motor Mio Balap Harian
korek motor step 1>>
ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi bertambah).estimasi biaya :

Selasa, 08 Februari 2011

Korek Motor Satria FU 150 Harian

Banyak yang bilang di dunia persilatan balap liar yang keras, kapasitas mesin mesti jadi gambot alias ekstra gemuk.  ini membuat peningkatan power yang bikin mesin lari liar,power pengen teriak terus seiring gas di tarik.
tapi kalau mau di pakai buat harian ini salah satu trik modifikasi mesin Satria FU 150 yang bisa ok buat balap,mejeng ma stylis jg dapat.

Tachometer / RPM Meter

Salah satu parameter yang paling sering di monitor pada sebuah mesin adalah RPM (Rotation Per Minute), yaitu jumlah putaran yang terjadi dalam satu menit, misal pada elektro motor, pompa, mixer dll. Ada bermacam cara untuk mengukur kecepatan putar suatu system secara continue, misalnya dengan magnetic pick-up atau tachogenerator dan yang paling sederhana adalah dengan menggunakan proximity switch dan pulsa meter (kurang dari 600rb).

YAMAHA JUPITER VERSI KOHAR

Berikut ini akan saya bagi dua:

1. Untuk mesin korek harian
2. Untuk korek balap
Namun, mohon ma’af apabila tidak terlalu komplit 

SETTING AWAL MOTOR

CARA MENAIKKAN KOMPRESI :
  1. Mengganti piston dengan model racing.
  2. Mendekatkan deck clearance.
  3. Membubut Head.
  4. Mengelas Head.
  5. Membubut Blok dan Piston.

Honda Beat 09 Ponorogo: Mencari Peak Power Buat Karapan

Baru kali ini Beat berani turun di arena karapan resmi, liar pun oke. Milik dari tim Anugerah Mandiri, Ponorogo yang dimanageri David. Bagi Galuh sang tuner, mengoptimalkan Mio yang lebih dulu hadir di kompetisi karapan, sudah tahu batas limit maksimal nya. Karena itu ia butuh tantangan baru dengan Beat. Di sini ia tertantang, untuk mengoptimalkan setiap part by part skutik Honda itu.

KOREK HARIAN MOTOR HONDA C-series

MENGENAL MESIN C-SERIES

Motor Honda jenis C-Series yang memiliki mesin 100cc seperti Astrea Grand, Legenda, Supra, SupraX, Supra Fit, sampai saat ini keluaran terbarunya Revo, FitS dan FitX. Mesin-mesin motor tersebut pada dasarnya sama, namun pada mesin Astrea Grand, Supra, serta SupraX memiliki panjang stang seher yang lebih pendek, rantai sentrik yang lebih pendek dibandingkan motor C-Series yang lain.

Jumat, 04 Februari 2011

Aplikasi CDI Aftermarket Buat Harian

Apa sih CDI racing harian itu? Dari sisi alam, keduanya berbeda. Satu untuk motor balap, satu lagi untuk motor harian. Tapi, taunya sekarang sudah ada CDI racing yang dibuat untuk motor harian. Akh, masa?
Iya, sudah banyak merek CDI racing harian beredar di pasaran. Tapi, masih banyak yang salah kaprah anggapan tentang CDI racing harian . Ketimbang mumet, starter motor, gas pol ke Cibinong, markas BRT. Ngueeeng.
Ciiit….di Cibinong ketemu Tomy Huang.

Kamis, 03 Februari 2011

PORTING

Ya!
Telah berapa tulisan yang mengulas tentang cylinder head. Dan setiap kali ada berita di Majalah maupun tabloid mengapa yang dibahas selalu komponen di Cylinder Head. Kalo ngga Porting, ukuran diameter klep, lift dan durasi noken as, sudah. Mau bahas apalagi :

Tabel Busi Denso Iridium Motor Indonesia

Denso Iridium :

Suzuki:
IU24 : Raider 125, Satria FU 150, Thunder 125
IUF22 : Shogun 110, 125, Arashi, Shogun Hyper Injection, Smash, Spin, Skywave 125

Panduan Bore Up Honda Beat

Meski terbilang besutan anyar, tapi sudah banyak bengkel yang menyediakan paket bore-up buat Honda BeAT. Peranti yang mesti ditebus juga tak banyak, tergantung kebutuhan. “Pakai piston lebih gede, jadi menu utama buat dongkrak kapasitas ruang bakar agar makin besar,” ucap Sena Ponda, technical advisor Padepokan Matic di Jl. Muh. Yusuf Raya, Depok, Jabar, yang biasa menangani motor bore-up balap.

Penyebab Mesin Susah Hidup Saat Panas

Lazimnya problem yang sering terjadi di motor, saat mesin dalam kondisi lama tidak dipakai atau dingin akan susah distart. Namun yang dialami Astri Panglima pada Yamaha Scorpio Z keluaran 2005 dan Jeff Prasetia dari Bandung, Jabar pada Suzuki Satria FU150 2008-nya justru sebaliknya. “Kalau sudah panas sekitar 1 jam pakai, mesinnya jadi susah dihidupkan, bahkan suka enggak mau nyala lagi,” keluh Astri pada OTOMOTIF via email.

Komparasi CDI Aftermarket Buat Supra

Setelah sebelumnya melakukan tes optimalisasi bahan bakar dengan berbagai macam produk pengirit bahan bakar yang di rancang oleh Hendry Martin, ST. Kali ini Otonetters, komunitas member di Forum OTOMOTIFNET.COM kembali mengibarkan bendera Otoneters Indepnedent Tester dengan melakukan pengetesan CDI programmable untuk Honda Supra X125.
Sekaligus dipilih 4 merek dalam pengetesan ini yaitu BRT, Rextor, XP202 dan Cheetah Power.

Komparasi Booster Accu Aftermarket

Motormania tentu sudah tidak asing lagi dengan part yang sering disebut coil booster (CB). Namun akan sedikit asing dengan yang namanya booster accu (BA). Ya, ini merupakan produk anyar yang belum terlalu banyak beredar di pasaran.
Fungsi utama BA yakni untuk menyetabilkan suplai arus listrik ke pengapian dan rangkaian kelistrikan, terutama tunggangan yang berpengapian DC, sehingga suplai pengapian di ruang bakar lewat busi tetap besar dan maksimal.

Komparasi Karburator Venturi 26mm

Dalam urusan upgrade performa besutan, banyak hal bisa dilakukan. Mulai kilik ruang bakar, ganti CDI racing, pasang knalpot aftermarket sampai mengupgrade part pengabutan.
“Untuk upgrade part pengabutan, biasanya yang dilakukan adalah mengganti karburator standar dengan yang venturinya lebih besar. Contoh bila standar bawaan motor pakai karbu berventuri 24, maka penggantinya bisa pakai yang ukuran 26,” terang Suar, salah satu mekanik tim balap BRT.

Review Performa Sinnob Gear Set

Anda mungkin sudah pernah mendengar, melihat atau membaca tentang gear set Sinnob yang terbuat dari poly urethane. Nah agar tidak penasaran, silakan dibaca artikel di bawah ini.
Seperti biasanya sebagai kelinci percobaan adalah honda cs1. Sekarang sudah 3 minggu ini sinnob nangkring di ban belakang. Dibeli dari seorang brother di forum HCST. Sorry tidak menampilkan nama beliau, takutnya beliau tidak berkenan. Bro ini langsung kirim ke kantor di bilangan tebet. Thanks bro…

Tips Upgrade Performa Motor Stage 1

Pertanyaan yang sering muncul bagi pemilik motor adalah “Bagaimana Meningkatkan Performa Motor Kita?” Sebagian ingin mendapatkan tarikan mesin yang yahud dan yang lainnya ingin mendapatkan top speed yang lebih tinggi dari kondisi standar. Atau mau yang lebih kerennya adalah kenaikan power dan torsi berdasarkan hasil dyno test.
Bagi yang lebih berpengalaman mereka mengacu pada standar upgrade performa.

Rabu, 02 Februari 2011

Tips Upgrade Performa Honda Fit (Hemat & Kencang)

Ganti karburator standar Honda Fit X dengan bawaan Supra X125, bisa mendongkrak stamina. “Gak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Bila biasanya isi full hanya mampu bertahan 4 hari, sekarang hari ke-5 baru isi bensin lagi,” aku Yudi D, pegawai swasta pembesut Fit X yang tinggal di Depok dan bekerja di kawasan Jl. Radio Dalam, Jaksel.

PORT POLISHED SECRET


PORT POLISHED HISTORY
Fokus porting pada Intake port bukan hanya pada membesarkan, tapi merapihkan bentuk dasar dengan luasan mengikuti 85 % diameter klep in sehingga bahan bakar tetap padat saat masuk ke dalam silinder, dan menggembungkan port di samping bos klep, area mangkok klep, bertujuan menjadikan campuran udara bahan bakar lebih homogen dan air flow tinggi.

NOKEN AS RACING MOTOR

Sudah begitu seringnya kalian membaca dan memahami bagaimana sebuah mesin 4 langkah pada sebuah motor dapat bekerja, kamu tentu mengenal part yang bernama klep / katup, dia yang mengijinkan campuran udara/bahan-bakar merasuk kedalam mesin ataupun tersembur keluar menuju knalpot. Noken as menggunakan tonjolannya (disebut Nok) menekan klep agar terbuka saat noken as berputar — pir klep kemudian berfungsi mengembalikan klep ke posisi menutup.

Karburator dan Tenaga

Bagaimana cara menyetel karburator untuk menghasilkan tenaga maksimum…?
mekanisme karburator

Sistem Pengapian

The Ignition System

Sistem pengapian adalah salah satu hal yang kudu lebih diperhatikan dalam hal engine tuning. Kebanyakan orang mengira ketika mereka selesai memodifikasi, yang diperlukan hanyalah memajukan atau memundurkan timing pengapian. Tidak cukup itu saja. Satu, percikan api harus menyala cukup kuat untuk membakar udara/bahan-bakar.

Selasa, 01 Februari 2011

TORSI dan TENAGA

Crankshaft n Piston Motion

KUNCI PERFORMA MESIN 4-TAK

Ok, sampailah kita pada pembahasan Dynamic Compression Ratio, alias rasio kompresi dinamis, lebih mudah dipahami sebagai cylinder pressure alias tekanan dalam sebuah silinder. Ini adalah sebuah konsep penting dalam membangun sebuah karakter mesin ber performa tinggi. Sudah siap? Ayo tariiikkk mang..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More